JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil belajar yang belum maksimal dan perlu ditingkatkan. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode lama seperti ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan kurangnya media pembelajaran yang menarik. Mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan alat peraga Multifungsi Lingkaran pada pokok bahasan lingkaran dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga Multifungsi Lingkaran dapat mempermudah dan meningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK yang dilaksanakan selama 2 siklus. Data yang diperoleh berupa lembar angket dan tes. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan alat peraga multifungsi lingkaran sangat baik. Diperoleh persentase 88,7% pada kategori minat, 88,8% pada kategori sikap, dan 90,2% pada kategori pemahaman. Dengan kata lain, alat peraga multifungsi lingkaran dapat mempermudah siswa memahami materi yang sedang diajarkan. Pada hasil belajar siswa, terjadi peningkatan dimana pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 71 dengan ketuntasan klasikal 36%, sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 86 dengan ketuntasan klasikal 82%. Hal ini berarti penggunaan alat peraga multifungsi lingkaran dapat mempermudah dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Randuagung tahun pelajaran 2015/2016.

Keyword

Alat Peraga Multifungsi Lingkaran,Hasil Belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak